Apakah ada batasan nominal honorarium untuk Guru Honorer?

Misalnya ada pendapat yang mengatakan bahwa honorarium untuk GTT/Guru Honorer tidak boleh lebih tinggi dari Guru PNS. Apakah pendapat tersebut benar?

Tidak benar. Standar pembayaran gaji bagi PTT/GTT/GTY harus dilakukan dengan rasional yang jelas. Misalnya, mengikuti peraturan yang ada saat ini, contohnya mengacu pada Perpres tentang Gaji ASN atau dengan harga perhitungan sendiri yang dapat dipertanggungjawabkan.

– Sekretariat Direktorat Jenderal PAUD Dikdasmen (Triyani)-

1 Likes

Terkait dengan Perpres tentang Gaji ASN apakah artinya honor untuk Guru Honorer tidak boleh melebihi batas gaji ASN?
Atau bagaimana jika gaji guru honorer diatas standar gaji ASN dikarenakan beban tugas mengajar yang lebih besar (memegang lebih dari 1 rombongan belajar)?
Apakah hal seperti itu diperkenankan?

Dalam menentukan standar biaya gaji/honor untuk non ASN, sekolah dapat mencari acuan yang dapat dipertanggungjawabkan misalnya standar biaya yang dikeluarkan oleh Pemerintah, Perpres tentang Stardar Harga Regional, Perpres tentang Gaji ASN, atau harga perhitungan sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa sekolah diberikan kebebasan dalam menentukan standar biaya honor non ASN nya. Namun jika Pemda mengaturnya, maka disarankan mengikuti aturan Pemda setempat.

– Sekretariat Direktorat Jenderal PAUD Dikdasmen (Triyani)-

1 Likes

Ada ketentuan administrasi GTT bisa mendapatkan Honor dari BOS

Menjawab pertanyaan Muhammad_Ali

Ada, cek permendikbud 6/2021 dalam komponen penggunaan dana BOS komponen pembayaran honor. Terimakasih

– Sekretariat Direktorat Jenderal PAUD Dikdasmen (Triyani)-

Itu tidak benar pak. Memang semuanya bergantung pada kebijakan kepala sekolah. Namun memang lebih baik bener kata mbaknya, kalau alokasi BOS mencukupi, bisa mengikuti standar perpres gaji ASN atau mengikuti perkab atau pergub mengenai standar honor pemda