Apakah dana bos kinerja bisa untuk membayar honor pembuat laporan BOSKIN?

sehubungan dengan pelaksanaan sekolah penggerak, kami membentuk 3 orang tim untuk mengelola dan melaporkan bos kinerja, apakah bisa dianggarkan untuk honor pengelola dan pelaporan tersebut?

1 Likes

Terima Kasih atas pertanyaannya. Dana BOS Kinerja tidak dapat digunakan untuk membayar Tim Pengelola BOS Kinerja. Sesuai dengan Petunjuk Teknis BOS Kinerja, bahwa pengelolaan BOS Kinerja adalah Tim BOS Reguler yang ada di Sekolah. Adapun dalam hal pembuatan laporan, maka dapat dilakukan beberapa alternatif seperti:

  1. Jika sekolah memiliki staf tenaga administrasi yang ASN/Non ASN maka sudah menjadi tugas, fungsi dan pokok dalam menyusun keadministrasian sekolah;
  2. Jika sekolah tidak memiliki staf administrasi di sekolah, maka sekolah dapat membuat kegiatan penyusunan laporan secara tim dan pembiayaan yang dikeluarkan yang relevan misalnya, konsumsi dan atk.

– Sekretariat Direktorat Jenderal PAUD Dikdasmen (Triyani)-

Apakah dari dana bos kinerja dapat membeli konsumsi untuk komite jika mereka bekerja sampai sore untuk memeriksa asesmen sumatif semester siswa? atau juga konsumsi kegiatan komunitas praktik (KKG) ?

Terima Kasih atas tanggapannnya. Danabos dapat digunakan untuk pendanaan konsumi pada kegiatan tersebut.

– Sekretariat Direktorat Jenderal PAUD Dikdasmen (Triyani)-

1 Likes

Terima Kasih :grinning_face_with_smiling_eyes:

1 Likes

Izin bertanya kalau di sekolah kami menyelenggarakan kegiatan Workshop IT , Narasumbernya adalah salah satu guru di sekolah dan peserta adalaha guru disekolah kami, apakah honor narasumber, panitia dan konsumsi acara dapat menggunakan dana bos kinerja ?

Terima Kasih atas pertanyaannya. Bila Penyelengaraan Workshop masih di waktu dan Hari Kerja maka tidak perkenakan memberikan Honor Narasumber dan Panitia. Hal ini sesuai dengan pemendikbud nomor 4 tahun 2015 tentang ekuivalensi. Namun untuk konsumsi dapat dipertanggungjawabkan dengan catatan sebelumnya sudah dianggarkan. Terima Kasih

-Direktorat SMP, Ditjen PAUD Dikdasmen (Efendi V)-

Penyelenggaran workshop pasti diluar waktu kerja karena saat waktu kerja kami sudah sekolah PTM jadi tidak mungkin mengorbankan waktu belajar anak . Jika diluar waktu kerja apakah penggandaan modul, atk , konsumsi , honor narasumber, honor panitia dapat di biayayi oleh Bos Kinerja karena workshop ini adalah untuk pencapaian Pradigma Baru serta program sekolah penggerak

Terima kasih atas pertanyaannya. Penggunaan Dana BOS dengan kegiatan yang disebutkan diperbolehkan dengan beberapa ketentuan, sebagai berikut:

  1. Adanya surat penugasan dari kepala sekolah mengenai kegiatan tersebut
  2. Honor panitia yang dikeluarkan harus sesuai dengan ketentuan sumber penerimaan dana dalam hal ini adalah BOS kinerja. Sebagai tambahan dalam pencatatannya, honor panitia harus dijelaskan dengan rinci.

Terima Kasih

-Direktorat SMP, Ditjen PAUD Dikdasmen (Efendi V)-

1 Likes