Jika Toko tidak menanggung pajak belanja modal (komputer/labtop) bagaimana?

Kami membeli komputer sejumlah harga yg di arkas, namun pajaknya tidak ditanggung oleh toko, jadi apakah sekolah harus membayar pajak dari barang yang dibeli?

Terima Kasih atas pertanyaanny. Perlu diinformasikan bahwa harga yang tertera pada ARKAS adalah harga yang sudah termasuk pajak. Sebagai tambahan jika Sekolah Negeri yang memungut pajak adalah bendahara sementara Sekolah Swasta yang memungut pajak adalah penyedia (toko). Jika toko tidak ada pajak maka Sekolah dianjurkan hanya membayar harga barangnya saja. Jika Sekolah Negeri sudah terlajur membeli barang yang belum termasuk pajak maka pajak akan ditanggung oleh pihak sekolah.

– Sekretariat Direktorat Jenderal PAUD Dikdasmen (Triyani)-

Jika sekolah swasta yang membeli barang dan toko tidak ada pajak maka sekolah swasta cukup membayar harga barang saja , Atau wajib membeli di toko yang membayar pajak?

Terima Kasih atas pertanyaannya. Perlu diperhatikan bahwa terdapat penyedia di SIPlah yang termasuk PKP (Pengusaha Kena Pajak) dan Non PKP. Jika penyedia adalah PKP maka sekolah swasta harus memungut pajak dari penyerdia tersebut.

Terima Kasih

– Sekretariat Direktorat Jenderal PAUD Dikdasmen (Triyani)-